TIDAK PERLU BELI MESIN BARU. CEGAH BREAKDOWN MESIN DENGAN CARA INI

Apakah peralatan Anda sering rusak? Apakah Anda berpikiran untuk melakukan pembelian mesin baru yang lebih handal dan tidak cepat rusak?
Tenang, Anda tidak sendirian! Team perawatan/maintenance di beberapa organisasi berpikir bahwa masalah kerusakan mesin akan selesai jika mereka mempunyai peralatan bru. Atau mereka merasa mesinnya akan ’aman’ jika mempunyai mesin yang sudah terintegrasi dengan big data (internet of thing) sitambah staff khusus yang paham penggunaan teknologi ini. Tapi, semuanya akan percuma tanpa adanya perawatan yang baik. Peralatan yang baru ini juga akan rusak kembali tanpa adanya perencanaan dan persiapan yang baik pula.

Banyak sekali sistem perawatan mesin yang dapat diterapkan di organisasi. Dalam perawatan terencana (Planned Maintenance) terdapat beberapa sistem perawatan yang bisa digunakan di organisasi, dari breakdown maintenance, preventive maintenance, predictive maintenance, corrective maintenance, hingga maintenance prevention. Preventive Maintenance merupakan sebuah sistem perawatan yang ditujukan untuk mencegah terjadi kerusakan peralatan.

Preventive Maintenance adalah salah satu sistem perawatan yang paling banyak diimplementasikan di organisasi. Namun dalam kenyataannya banyak organisasi yang tidak mendapatkan hasil maksimal dalam penerapannya. Berhentinya mesin yang tidak terencana (Breakdown) karena kurang maksimalnya sistem preventive maintenance dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan.
Berdasarkan sebuah studi disalah satu perusahaan pembuat mainan terbesar di Indonesia,  kerugian  biaya  akibat  breakdown  mencapai  hingga  2  kali  lipat  dari  biaya  pelaksanaan  program  perawatan (Maukar Sosodoro Adiprabowo, 2016). Hal ini disebabkan salah satunya oleh pelaksanaan Preventive Maintenance fokus terhadap eksekusi berdasarkan jadwal yang sudah dibuat tanpa memperhatikan sejarah, ketersediaan sparepart, serta kesesuaian checklist dengan kondisi aktual mesin.

Ingin mempelajari lebih dalam lagi bagaimana melakukan Preventive Maintenance yang efektif? Ingin mengetahui bagaimana cara mengimprove kegiatan preventive maintenance Anda? Daftar segera Online Training Preventive Maintenance di sini!

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *