5 Langkah Membuat Program Pelatihan yang Efektif

Setiap organisasi harus membangun program pelatihan yang efektif dengan proses yang sistematis. Tapi seringkali, pelatihan yang dilaksanakan tidak memenuhi tujuan organisasi dan harapan peserta. Berikut 5 langkah dalam membuat program pelatihan efektif yang dapat berdampak positif bagi organisasi.

  • Menilai kebutuhan pelatihan

Langkah pertama dalam mengembangkan program pelatihan adalah mengidentifikasi dan menilai kebutuhan. Kebutuhan pelatihan karyawan harus ditetapkan dengan rencana strategis baik untuk organisasi maupun pengembangan individu sumber daya manusia.

  • Tetapkan tujuan pelatihan organisasi

Penilaian kebutuhan pelatihan (organisasi, tugas & individu) akan mengidentifikasi setiap celah dalam inisiatif pelatihan dan keahlian karyawan Anda saat ini. Kesenjangan ini harus dianalisis dan diprioritaskan dan diubah menjadi tujuan pelatihan organisasi. Tujuan utamanya adalah untuk menjembatani kesenjangan antara kinerja saat ini dan yang diinginkan melalui pengembangan program pelatihan. Di tingkat karyawan, pelatihan harus sesuai dengan bidang peningkatan yang ditemukan melalui evaluasi.

  • Buat rencana tindakan pelatihan:

Langkah selanjutnya adalah membuat rencana tindakan yang komprehensif yang mencakup teori pembelajaran, desain instruksional, konten, materi, dan elemen pelatihan lainnya. Sumber daya dan metode penyampaian pelatihan juga harus dirinci. Saat mengembangkan program, tingkat pelatihan dan gaya belajar peserta juga perlu dipertimbangkan. Banyak perusahaan melakukan uji coba inisiatif mereka dan mengumpulkan umpan balik untuk membuat penyesuaian sebelum meluncurkan program di seluruh perusahaan. 

  • Menerapkan inisiatif pelatihan

Fase implementasi adalah tempat program pelatihan dijalankan. Organisasi perlu memutuskan apakah pelatihan akan disampaikan di rumah atau dikoordinasikan secara eksternal. Pelaksanaan program mencakup penjadwalan kegiatan pelatihan dan pengaturan sumber daya terkait (fasilitas, peralatan, dll.). Salah satu alternatif yang dapat dilakukan dengan kondisi sekarang ini adalah Online Training, Webinar,dll. Program pelatihan kemudian secara resmi diluncurkan, dipromosikan, dan dilaksanakan. Selama pelatihan, kemajuan peserta harus dipantau untuk memastikan bahwa program tersebut efektif.

  • Evaluasi & revisi pelatihan:

Langkah terakhir adalah program pelatihan harus terus dipantau. Seluruh program harus dievaluasi untuk menentukan apakah itu berhasil dan memenuhi tujuan pelatihan. Kritik dan saran harus diperoleh dari semua pemangku kepentingan untuk menentukan efektivitas program dan instruktur serta pengetahuan atau perolehan keterampilan. Menganalisis umpan balik ini akan memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi setiap kelemahan dalam program. Pada titik ini, program pelatihan atau rencana tindakan dapat direvisi jika tujuan atau harapan tidak tercapai.

Ikuti Online Training Effective Training Management yang akan diselenggarakan pada tanggal 21-22 April 2021. Link Pendaftaran: https://bit.ly/2Nbrp49

Related posts